Friday, August 06, 2010

Kelinci dan Kura-kura

Pada suatu hari, kura-kura berdebat dengan kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya mereka memutuskan tempat, waktu dan rute untuk adu lari untuk menentukan siapa yang tercepat. Saat perlombaan dimulai, kelinci melesat meninggalkan kura-kura. Setelah tahu kura-kura tertinggal jauh di belakang, kelinci memutuskan untuk beristirahat sebelum lanjut lagi. Kelinci duduk di bawah pohon sambil makan wortel. Karena kekenyangan dan agin yang berhembus akhirnya tanpa sadar kelinci tertidur. Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan adu lari. Akhirnya kelinci terbangun dan menyadari dirinya telah kalah.
Pesan : Walaupun perlahan tapi bila ada kemauan pasti akan menang.


Kelinci sangat malu dan kecewa pada dirinya sendiri. Ia menyimpulkan bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu percaya diri, dan lalai. "Jikalau kemarin aku serius, aku tak mungkin kalah" pikir kelinci.Maka ditantangnya lagi si kura-kura. Si kura-kura menyetujuinya dan mereka bersiap untuk berlomba kembali. Akhirnya dimulai lomba, dan dari awal lomba kelinci melesat meninggalkan kura-kura dan terus berlari hingga ke garis finish. Dan dengan mudah ia dapat mengalahkan si kura-kura.
Pesan : Tapi yang cepat dan konsisten mengalahkan yang perlahan tapi pasti.


Kura-kura sedih akan kekalahannya, ia berpikir bahwa ia tak akan menang berlomba dengan si kelinci dengan perbedaan fisik seperti itu. Tapi ia mempunyai ide, ditantangnya lagi si kelinci dengan rute yang berbeda. Ditantang seperti itu, kelinci langsung menyetujui karena ia yakin bila ia serius tak akan kalah dari kura-kura. Lomba dimulai, dan ternyata benar, dengan kencangnya kelinci berlari meninggalkan kura-kura. Tapi betapa terkejutnya kelinci ketika didapatinya rute baru ini terpotong oleh sebuah sungai. Si kelinci tak menduga hal ini, ia hanya termenung karena ia tak bisa berenang, bingung memikirkan bagaimana cara melalui sungai tersebut. Lama ia terdiam d pinggir sungai, akhirnya kelinci melihat kura-kura datang dan dengan santainya memceburkan diri ke air lalu berenang ke seberang sungai, keluar lagi berjalan pelan menuju garis finish. Kelinci terpaku melihat kemenangan si kura-kura.
Pesan: Kemenangan adalah bagaimana kita memamfaatkan kelebihan yang kita punya.


Kelinci sangat sedih akan kekalahannya ia hanya termenung sepanjang hari. Melihat hal ini kura-kura pun menghampirinya dan menghiburnya. Kura-kura mengajak kelinci untuk melakukan adu lari bersama. Keesokan harinya, lomba dimulai lagi, tapi sekarang kelinci menggendong berlari kencang sampai tepi sungai. Kemudian kura-kura menggendong kelinci menyebrangi  sungai, dilanjutkan kembali kelinci menggendong kura-kura sampe garis finish. Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.
Pesan : Kelebihan dan keuletan dan ketekunan sangat berguna, tapi akan lebih baik lagi bila kita bisa bekerjasama dengan orang lain dan saling menutupi kekurangan.
 

No comments:

Post a Comment